6
9

5 Cara Kerja di Jepang dan Syaratnya Lengkap Terbaru

INFO LENGKAP SILAHKAN ISI DATA DIRI PADA FORM DI BAWAH INI!
Isi dengan alamat email yang aktif dan valid.
Isi dengan nomor WA yang valid dan aktif.
Pilih program yang ingin kamu ikuti

Kerja di Jepang – Penglaman kerja yang tak terlupakan untuk sebagian orang yang sering berpindah tempat kerja adalah jika ia pernah bekerja di luar negeri. Hal tersebut tersebut tentu saja dikarenakan pada tiap negara memiliki budaya kerja dan sistem kerja yang berbeda – beda, dan salah satunya itu negara Jepang.

Untuk Anda yang menyukai negara Jepang, tentu saja Anda pernah mengetahui bagaimana budaya kerja yang ada di sana. Walaupun untuk sebagian orang terlihat sangat ketat dan tinggi tekanan, namun tak jarang orang menyukai budaya kerja orang Jepang tersebut. Dikarenakan etos kerja orang Jepang yang sangat tinggi dan loyal terhadap atasannya.

Nah untuk Anda yang ingin kerja ataupun magang di Jepang, tentu saja harus memiliki persiapan yang matang sejak jauh hari sebelum berangkat kesana. Karena untuk bisa bekerja di sana tidak semudah mendaftar kerja pada Perusahaan yang ada di Indonesia. Karena banyak persyaratan yang cukup rumit dan harus dipenuhi.

kerja di Jepang

Syarat Kerja ke Jepang untuk Lulusan SMA

  1. Bisa bercakap dengan Bahasa Jepang

Hal pertama dan harus Anda kuasai tentu saja harus menguasai bahasa Jepang. Walaupun tidak fasih, paling tidak kamu bisa berbincang memakai bahasa Jepang dalam hal bisnis dan juga dalam kegiatan sehari – hari. Dengan begitu kamu sudah bisa hidup di Jepang tanpa terhalang dengan bahasa.

Karena di negara Jepang, semua tulisan yang ada disana menggunakan huruf Jepang dan tidak ada huruf abjad seperti yang kita pakai. Jadi hal menguasai huruf dan tulisan Jepang harus di kuasai dengan betul. Terlebih lagi kebanyakan orang Jepang kurang fasih dalam berbahasa Inggris, sehingga kamu akan kesulitan apabila berbicara dengan mereka menggunakan bahasa Inggris.

  1. Lolos Tes JLPT N2

Dan terlebih lagi untuk kamu yang ingin kerja/magang ke Jepang tentu saja ada tes untuk percakapan bahasa Jepang kamu seperti tes TOEFL. Tes itu bernama JLPT (Japan Language Proficiency Test). Setidaknya kamu harus lululs pada level JLPT N2 atau harus memahami dan bisa bercakap dalam kecepatan normal.

  1. Kesiapan Mental dan Fisik

Tentu saja sebelum kamu kesana harus mengetahui bagaimana budaya kerja disana. Jam kerja yang panjang dan atasan yang harus kamu hormati dan patuhi perintahnya. Karena itulah kesiapan mental dan fisik harus kamu latih sejak jauh hari agar dapat menyesuaikan diri dan kuat dalam menghadapi kerasnya budaya kerja di Jepang.

  1. Tanggung jawab dan kedisiplinan

Orang Jepang sangat suka dengan kedisiplinan karena mereka telah dididik sejak kecil untuk disiplin. Berbeda dengan budaya kita di Indonesia, tentu saja kamu harus melatih kedisiplinan kamu agar datang ke kantor tepat waktu dan menyelesaikan semua pekerjaan yang diberikan pada hari itu juga meskipun harus lembur.

Baca juga : cara magang di Jepang

Setelah beberapa persyaratan yang sudah kamu siapkan berikut ini adalah beberapa cara kerja di Jepang yang bisa kamu lakukan.

Cara Kerja di Jepang untuk Lulusan SMA

  1. Melamar ke Perusahaan Jepang yang berkantor di Indonesia

Cara yang mudah pertama ialah dengan langsung melamar lowongan kerja ke Perusahaan Jepang yang memiliki kantor di Indonesia. Kemungkinan kamu diterima di Perusahaan ini cukup besar karena pesaing tenaga kerja hanya dari kalangan lokal. Nah setelah kamu keterima di Perusahaan tersebut, itulah merupakan tahap awal kamu bisa ke Jepang. Karena pastinya Perusahaan tersebut sering sekali memberikan tugas kerja karyawannya ke kantor pusat yang ada di sana. Terlebih jika posisi jabatan kamu mendukung untuk tugas kesana.

  1. Magang ke Jepang Melalui Jalur Depnaker

Cara yang kedua ini bisa untuk kamu yang hanya lulusan SMA/SMK karena merupakan tenaga kerja magang atau sering disebut kenshusei. Meskipun tenaga magang tapi kamu bisa mendapatkan pengalaman kerja di Jepang dari sini. Bidang kerja yang banyak membutuhkan tenaga magang biasanya pertanian, peternakan dan pabrik. Kamu cukup ke Depnaker dan mendaftar program IMM-Japan. Karena Depnaker sudah bekerjasama dengan beberapa Perusahaan dan Pabrik yang ada di Jepang untuk menyalurkan tenaga kerja magang.

cara kerja di jepang
  1. Sekolah di Jepang

Cara yang ini mungkin saja lebih mudah dibandingkan dengan cara sebelumnya, akan tetapi bisa memakan waktu yang cukup lama. Karena kamu harus melanjutkan sekolah dulu di Jepang, dan mendapatkan ijazah dari sana. Seperti melanjutkan S2 di Jepang, ataupun sekolah bahasa Jepang di sana ketika kamu baru selesai lulus SMA dari Indonesia. Baru kemudian setelah itu kamu bisa mencari kerja di sana. Melalui lembaga pemerintah ataupun menggunakan jasa lembaga swasta sebagai perantara Perusahaan dan pencari kerja. Namun, karena sudah mendapatkan ijazah sekolah dari Jepang kamu bisa mencari info lowongan kerja di koran dan internet sama seperti layaknya di Indonesia.

  1. Mencari teman orang Jepang

Mungkin cara ini bisa kamu coba karena di era digital sekarang ini kita bisa dengan mudah terhubung dan mencari teman di sosial media dari berbagai negara. Ketika kamu mendapatkan teman dari Jepang kamu bisa mencari informasi darinya. Atau bisa saja kamu mencari pasangan orang Jepang sehingga memiliki banyak kesempatan untuk kerja di sana jika memang kamu sangat berniat kerja di sana.

  1. Kerja di Jepang Jalur Mandiri

Cara terakhir untuk kamu yang ingin magang ataupun kerja ke Jepang untuk lulusan SMA adalah dengan cara menggunakan jasa LPK atau lembaga penyalur tenaga kerja swasta. Meskipun berbayar namun cara ini lebih banyak membuka lowongan setiap tahun dibanding dengan Depnaker yang hanya membuka lowongan keberangkatan 1 tahun sekali. Sebelum ke Jepang tentunya akan ada pelatihan dan tes terlebih dahulu dan dipastikan kalian akan bisa menguasai bahasa Jepang dan lolos tes tenaga kerja.

Seperti halnya LPK lainnya yang mengirim tenaga kerja ke Jerman, Korea, Taiwan, Singapura, dan Arab Saudi. Lembaga penyalur tenaga kerja ini sudah memiliki perjanjian kerja sama dengan Perusahaan yang ada di negara tujuan. Hal itulah yang harus kamu cek terlebih dahulu sebelum menentukan LPK mana yang kamu pilih. Tanyakan semua agar jelas dan tidak terjadi kesalahan di waktu mendatang.

Jadi demikianlah pembahasan singkat yang bisa kami sampaikan mengenai beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum mendaftar kerja di Jepang jalur mandiri dan pemerintah. Simak pembahasan mengenai magang di Jepang dan lowongan kerja di Jepang untuk lulusan SMA/SMK pada postingan selanjutnya.

INFO LENGKAP SILAHKAN ISI DATA DIRI PADA FORM DI BAWAH INI!
Isi dengan alamat email yang aktif dan valid.
Isi dengan nomor WA yang valid dan aktif.
Pilih program yang ingin kamu ikuti

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply